Cara Mengubah Tema Standar (Default) dalam Moodle

No comments
Rabu, Januari 1 By Unknown

Ketika pertama kali moodle sudah diinstal di server, tema/template Standard (Deafult) sudah otomatis diseting sebagai tema/template moodle kita.   Untuk mengubah penampilan moodle kita terdapat 12 tema berbeda yang dapat kita  pilih untuk disesuaikan dengan keinginan kita masing-masing. 12 tema/template tersebut adalah : Afterburner, Arialist, Brick, Formal white, Fusion, Magazine, MyMobile, Nimble, Nonzero, Overlay, Sky high, dan Splash.  Moodle yang saya buat di matematika pariwisata menggunakan tema/template Afterburner.    Langkah untuk mengubah tema Standard adalah sebagai berikut :

1.  Log in ke moodle masing-masing sebagai Administrator.

2.  Cari dan klik bagian "Site Administration", kemudian klik "Appearance", lalu klik "Theme Selector".
 
 3.  Dalam tutorial ini template Standard akan diubah dengan cara klik tombol "Change theme".
4.  Halaman "Select theme for default device" akan ditampilkan. Dalam tutorial ini saya akan memilih tema Afterburner (sesuai dengan tema pada moodle saya).  Untuk itu dalam kolom penjelasan tenteang tema Afterburner, klik tombol "Use theme".

5.  Hasil perubahan tema akan ditampilkan dan berisi mengenai penjelasan tentang tema yang sudah dipilih.  Klik tombol "Continue" jika sudah yakin tema tersebut (Afterburner) yang akan digunakan.
6.  Sekarang tema/template kita sudah berubah dari tema Standard menjadi tema Afterburner.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.