Lupa Password, Cara Mereset Password dan Username dalam Moodle

No comments
Jumat, Januari 17 By Unknown

Pada topik sebelumnya sudah dibahas mengenai Cara Mengubah Profile Pengguna dalam Moodle.  Ada kalanya pada saat tertentu kita lupa password untuk log in ke dashboard moodle.   Judul topik di atas dapat berlaku baik bagi Admin, Course creator, Teacher, dan Student.   Sebelum topik ini berfungsi dengan baik, pastikan alamat email yang sudah disimpan di database moodle  merupakan email yang aktif (yahoo atau gmail).   Langkah untuk mereset password dan username dalam moodle adalah sebagai berikut :
Langkah 1.  Kunjungi ke dashboard moodle, kemudian klik Log in.
 Langkah 2.  Halaman untuk Log in akan ditampilkan, klik pada bagian "Forgotten your username or password ?".
 Langkah 3.  Untuk mereset password dapat menggunakan alamat email atau nama pengguna.   Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan alamat email, tuliskan alamat email anda pada bagian "Search by email addres".  Klik "Search".
 Langkah 4.  Halaman untuk konfirmasi reset password akan ditampilkan, kemudian klik "Continue".
 Langkah 5. Email konfirmasi akan dikirimkan ke email yang ada di database moodle. Buka emailnya, klik ling-nya yang berwarna biru untuk mengkonfirmasi reset password.
 
Langkah 6. Halaman  ucapan terima kasih telah mengkonfirmasi akan ditampilkan dan password baru akan dikirimkan ke email, selanjutnya klik "Continue".
 

Langkah 7.  Buka kembali emailnya, maka username dan password yang lama sudah di-generate menjadi password yang baru.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.