Pengaturan Umum untuk Membuat Materi

No comments
Jumat, Maret 22 By Unknown

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana cara membuat pengaturan umum sebelum mengisi konten dalam setiap mata pelajaran. Dalam tutorial ini saya akan mengambil contoh pengaturannya di portal : http://e-learning.smkn9-bdg.com/moodle/. Perlu dipahami tutorial ini hanya diperuntukan bagi guru yang diberikan hak akses sebagai course creator oleh admin dalam moodle. Karena hanya admin dan course creator yang diberikan hak akses untuk membuat/menambahkan kursus/materi dalam setiap mata pelajaran ke dalam moodle. Sekarang mari kita ikuti langkah-langkahnya dengan seksama, dan kalau memungkinkan langsung dipraktekan supaya dapat lebih dipahami.

1. Pastikan Anda sudah terdaftar di http://e-learning.smkn9-bdg.com/moodle/ dan sudah disetujui oleh admin sebagai course creator untuk mata pelajaran tertentu.

2. Log in dengan menggunakan username dan password yang sudah terdaftar.  Pada halaman depan terdapat beberapa kategori pelajaran, yaitu Pendidikan Agama, PKN, B. Indonesia, Penjas, Seni Budaya, B. Inggris, Matematika, IPA, Kewirausahaan, IPS, UPW, Perhotelan, Jasa Boga, Tata Kecantikan, dan Tata Busana. Silahkan pilih salah satu kategori sesuai dengan mata pelajaran yang diambil, misalnya saya memilih Matematika dengan mengklik pada Gambar/Hurufnya.

3. Setelah memilih kategori Matematika akan ditampilkan pilihan sub kategori dari Matematika yaitu Matematika - Kelas X, Matematika - Kelas XI, dan Matematika Kelas XII. Pilih sub kategori dari Matematika sesuai dengan kelas yang dikelola, misalnya saya memilih dengan mengklik Matematika - Kelas X.
4. Kemudian akan muncul halaman baru, yang memungkin kita untuk membuat/menambah materi dalam setiap mata pelajaran, yaitu dengan adanya tombol Tambah kursus baru/Add a new course.
5. Halaman pengaturan materi (Edit course settings) akan ditampilkan. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan pada halaman ini, diantaranya : General, Formatting option for Topic format, Guest acces, Groups, Availability, Language, Role remaining. Untuk saat ini yang harus diisi adalah pada bagian General (ada tanda bintang berwarna merah, wajib diisi), yang lainnya nanti akan dibahas kemudian.
6. Pada bagian Course full name, misalnya diisi dengan salah satu materi dalam Matematika yaitu MATRIKS, demikian juga pada bagian course short name diisi dengan MATRIKS.
7. Gulung mouse ke bagian bawah klik tombol "Saves changes" untuk menyimpannya.
8. Halaman untuk mengisi konten dari sub kategori Matematika-Kelas X sudah tersedia dengan cara mengklik terlebih dahulu "Turn Editing On".

9. Artikel mengenai bagaimana cara mengisi kontennya akan dibahas pada postingan berikutnya.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.