Pengaturan Waktu dan Lokasi Dalam Moodle

No comments
Kamis, Maret 14 By Heri Sudiana

Ketika guru menambahkan aktivitas kuis atau tugas dalam moodle, pengaturan waktu mutlak diperlukan (kapan kuis dibuka, kapan ditutup, jam berapa dimulai, berapa lama waktunya). Dalam pelaksanaannya sering terjadi kesalahan antara rencana dan kenyataan, misalnya untuk pengaturan kuis, kuis akan dibuka jam 09.00 tanggal 07 Maret 2013, akan tetapi pada saatnya waktu kuis tersebut tiba, ternyata kuis masih belum dapat dibuka. Atau kejadiannya malah sebaliknya, kuis sudah dapat dibuka sebelum tanggal tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena ada perbedaan waktu antara waktu setempat (lokal) dengan waktu pada server (tempat penyimpanan data-data moodle). Jadi maksudnya jika sever yang digunakan untuk menyimpan data-data moodle ada di luar negeri, pengaturan waktu dan lokasi mutlak harus dilakukan. Pada postingan kali ini Saya akan membahas mengenai bagaimana cara menyesuaikan waktu dan lokasi sesuai dengan waktu setempat (lokal). Saya perlu mengingatkan, pengaturan ini hanya dapat dilakukan oleh seorang admin, selain admin tidak punya akses untuk membuat pengaturan tersebut. Mari kita lihat dengan seksama. 

1.  Log in sebagai admin.  Pada bagian Site administration, pilih Location, kemudian klik Location settings.


2.  Tampilan halaman Location settings kurang lebih seperti gambar di bawah.

3.  Untuk mengetahui waktu di server, kita harus mengetahui waktu setempat (lokal) yang berkaitan dengan waktu GMT (Greenwich Mean Time), ikuti link http://wwp.greenwichmeantime.com/ dan pilih kota besar yang berdekatan dengan lokasi setempat. 

4.  Waktu setempat (lokal) menurut GMT akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

5.  Kembali ke pengaturan waktu (Location settings) pada moodle, pada bagian Default timezone, pilih UTC+7.

6.  Kemudian langkah selanjutnya, ikuti gambar di bawh ini.

7.  Selamat mencoba, semoga berhasil.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.