Cara Membuat Group di Dalam Moodle 2.6

No comments
Rabu, Februari 26 By Unknown

Topik di atas yang berjudul "Cara Membuat Group di Dalam Moodle 2.6 sangat erat hubungannya dengan topik sebelumnya, yaitu "Cara Mendaftarkan Siswa ke Dalam Kursus - Moodle 2.6".    Sebagai contoh siswa yang sudah didaftarkan ke dalam kursus "KALKULUS" terdiri dari beberapa siswa yang berasal dari kelas/jurusan yang berbeda.  Untuk memudahkan dalam menata daftar siswa yang sudah didaftarkan ke dalam  kursus tertentu, maka sebaiknya siswa-siwa tersebut dikelompokkan.  Pengelompokkan siswa tersebut dapat disusun berdasarkan kelas.  Misalnya siswa yang didafatarkan ke kursus KALKULUS, terdiri dari kelas XI AP1, XI AP2, XI UPW, XI BS1, XIBS2, dll.  Pengelompokkan siswa (user) berdasarkan kelas/jurusan  di dalam moodle dikenal dengan istilah "GROUP".   Nah, sekarang untuk dapat memahami cara membuat group ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah

Log in ke dalam dashboard moodle.
Klik kursus yang tersedia (kursus yang siswanya sudah didaftarkan ke dalam kelas moodle), misalnya pilih "KALKULUS".
Pada bagian "Course administration", pilih "Users", kemudian klik "Groups".
Halaman untuk membuat groups akan ditampilkan.  Klik tombol "Create groups" untuk membuat groups baru.
 
Tuliskan nama group pada bagian Group name*, misalnya tulis dengan nama group "XI AP1".  Kemudian klik tombol "Saves changes" untuk menyimpan group yang telah dibuat.
 
Ulangi langkah di atas untuk membuat group yang ke-2, group ke-3, dan seterusnya sesuai kebutuhan.  Sekarang terlihat group yang sudah dibuat ada 3 group, yaitu group XI AP1, XI AP2, dan XI UPW.
 
Selanjutnya lihat artikel berikutnya Cara Membuat Grouping di Dalam Moodle 2.6.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.