Menambahkan Daftar Pertanyaan (Bank Soal) ke Dalam Moodle (Bagian 1)

No comments
Minggu, Februari 9 By Unknown

Setelah kita membuat bank soal dan soal test pada postingan artikel sebelumnya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mau diapakan soal test dan bank soal yang sudah dibuat tersebut ?.   Jika kita sudah mempunyai banyak soal (bank soal), sekarang kita tinggal mengupload bank soal tersebut ke dalam moodle.   Caranya bagaimana mas ?.  Pada dasarnya ada 2 tahap untuk mengupload soal (bank soal) ke dalam moodle,  yaitu mengekspor soal test ke dalam bentuk Blackboard 6.0 - 7.0 (Format ZIP) dan mengimpor file Blackboard 6.0-7.0 ke dalam moodle.  Untuk mempermudah pemahaman topik di atas, saya akan membahas "Mengekspor Soal Test ke Dalam Bentuk Blackboard 6.0-7.0. (Format ZIP)". 

Mengekspor File Soal Test (*.tst) ke Dalam Bentuk Blackboard 6.0-7.0 (Format ZIP)

Buka software ExamView Test Generator, klik tombol "Open an existing test".
Pilih file soal test dengan mengklik (double klik) "Perbandingan Trigonomteri".
Daftar soal yang pernah dibuat sebelumnya akan ditampilkan termasuk kunci jawabannya (berada pada bagian bawahnya).   Klik menu File, pilih Export, klik Blackboard 6.0 - 7.0.
Halaman untuk mengekspor file soal akan ditampilkan.   Pilih direktori untuk menyimpannya (biasanya disimpan dalam folder Blackboard, e:\Examview\Blackboard), pada bagian File name, beri nama file dengan "Perbandingan Trigonometri".  Kemudian klik tombol "Save" untuk menyimpan dalam komputer masing-masing.
Halaman untuk mengeksport ke Blackboard 6.0-7.0 akan ditampilkan (file dalam format ZIP).  Isilah dengan "Perbandingan Trigonometri" pada bagian Name dan  pada bagian Directory Name.   Klik tombol "OK".
Sekarang coba lihat filenya di komputer masing-masing dan hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengupload file Blackboard 6.0-7.0 (impor) ke dalam moodle, dapat dibaca pada artikel selanjutnya.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.