Menambahkan Daftar Pertanyaan (Bank Soal) ke Dalam Moodle (Bagian 2)

No comments
Selasa, Februari 11 By Unknown

Artikel ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya yang membahas mengenai "Mengekspor Soal Test ke Dalam Bentuk Blackboard 6.0-7.0. (Format ZIP)".   Langkah selanjutnya bagaimana cara mengimpor file Blackboard 6.0-7.0 ke dalam moodle (Membuat Kerangka Kuis di Moodle, Membuat Kategori Bank Soal, dan Mengupload File Blackboard 6.0-7.0).    Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan kita sudah memiliki soal dan kunci jawaban yang akan diupload ke moodle (Blackboard 6.0-7.0 ; dalam format ZIP).

Membuat Kerangka Kuis di Moodle

Untuk membuat kerangka kuis, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya tentang kuis yaitu Membuat Kuis dalam Moodle (Bagian 1) dan Membuat Kuis dalam Moodle (Bagian 2).
Dari 2 artikel sebelumnya telah dihasilkan sebuah aktivitas kuis yang berhasil ditambahkan ke dalam moodle, yaitu Kuis Bab I , walaupun baru memiliki 1 pertanyaan pilihan ganda. 

Membuat Kategori Bank Soal (Question Bank)

Log in ke dashboard moodle sebagai "Course creator" atau sebagai "Teacher".
Setelah log in, masuk ke kursus dengan mengklik "TRIGONOMETRI".
Setelah masuk ke kelas virtual 'TRIGONOMETRI".   Klik kerangka kuis yang sudah dibuat sebelumnya yaitu dengan mengklik tombol "Kuis Bab 1".
 Untuk melihat kerangka kuis (lihat gambar di bawah).
Setelah masuk ke kerangka "Kuis Bab 1" pada bagian Administration (sebelah kirinya), klik "Quiz administration",  klik "Question bank", kemudian klik "Categories".
Untuk menambah kategori bank soal, pada halaman "Add category" tuliskan "Perbandingan Trigonometri" pada bagian Name* dan pada bagian "Parent category" klik "Default for Kuis Bab 1".  Jangan lupa klik tombol "Add category" untuk menambah kategori bank soal.
Sekarang dapat dilihat bahwa kategori "Perbandingan Trigonometri" sudah dibuat, tapi daftar soalnya belum ada (baru wadahnya saja).

Mengupload File Blackboard 6.0-7.0

Siapkan file soal dalam bentuk Blackboard 6.0-7.0 (dalam format ZIP) yang sudah dibuat pada artikel "Menambahkan Daftar Pertanyaan (Bank Soal)  ke Dalam Moodle (Bagian 1).
File soal bentuk  Blackboard 6.0-7.0 tersebut sudah siap diupload (diimpor ke moodle).  Sekarang kembali ke moodle, klik Quiz administration",  klik "Question bank", kemudian klik "Question".  Selanjutnya pada bagian Select category (Question bank), pilih "Perbandingan Trigonometri".
Kemudian untuk mengupload bank soal ke moodle, klik  "Quiz administration",  klik "Question bank", kemudian klik "Import".
Halaman untuk mengimpor file soal (blackboard) sudah siap, ada 2 bagian yang harus diisi, yaitu File format dan Import question from file.  Pada bagian "File format", pilih (check-list) pada bagian Blackboard (karena file yang akan diupload adalah blackboard).   Pada bagian "Import question from file", klik "Choose file", kemudian klik "Browse" untuk mengambil file soal (blackboard) di komputer masing-masing, klik "Upload this file".  Setelah filenya terlampir, klik tombol "Import".
Sekarang daftar soal dalam file Blackboard 6.0-7.0 akan ditampilkan dalam moodle, selanjutnya klik tombol "Continue" pada bagian bawahnya.
Daftar soal tersebut berikut kunci jawabannya sudah berhasil diupload ke moodle, tetapi soal-soal tersebut belum dapat terlihat oleh siswa.  Nah, sekarang bagaimana caranya agar siswa dapat melihat semua daftar soal yang akan diujikan, untuk menjawab pertanyaan tersebut dapat dilihat pada artikel berikutnya.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.