Menambahkan Video Youtube Dalam Moodle

No comments
Jumat, Maret 8 By Unknown

Adakalanya kita ingin menambahkan konten multimedia pada bahan ajar kita seperti video, audio atau file multimedia yang lain. Hal ini dilakukan untuk memperkaya/menambah wawasan siswa dalam memahami suatu topik tertentu. Salah satu diantaranya yaitu kita dapat menambahkan video tutorial yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Video tersebut dapat kita dapatkan dari youtube (milik orang lain) atau kita dapat membuat sendiri videonya kemudian diupload ke youtube. Nah, sekarang muncul pertanyaan, bagaimana cara menambahkan (embedded) video youtube ke dalam materi moodle kita ?. Secara garis besar adalah, kode html dari file video youtube di-copy, kemudian di-paste-kan ke materi moodle kita. Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti langkah-langkahnya.

1.  Langkah pertama, ikuti langkahnya sampai selesai sini .

2.  Aktifkan mode editing dengan mengklik tombol "Turn editing on". Gulung mouse ke bawah untuk memilih topik yang akan disisipkan dengan video youtube.

    3.  Klik "Add a resource", kemudian pilih "Page".
        4.  Tuliskan nama pada isian "Name*" dan sedikit penjelasan pada isian "Description*"; ditandai warna merah, artinya wajib diisi.
            5.  Buka halaman youtube untuk mencari video yang akan disisipkan ke moodle, kemudian copy kode html-nya.

                6.  Kembali ke moodle, gulung mouse ke bawah, pada bagian "Page content*" tambahkan Page content dengan menggunakan kode html video youtube dengan cara klik icon HTML, kemudian paste kode htmlnya.

                    7.  Lihat hasilnya, sekarang videonya sudah disisipkan pada Page content.

                      8.  Jangan lupa untuk menyimpannya dengan mengklik "Save and return to the course" pada bagian bawah.


                      Related posts

                      0 comments:

                      About the Author

                      Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

                      Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
                      Proudly Powered by Blogger.