Cara Menambahkan Pengguna Ke Dalam Group - Moodle 2.6

No comments
Rabu, Maret 19 By Unknown

Untuk membaca dan mengikuti langkah-langkah judul artikel di atas, sebaiknya baca dulu artikel sebelumnya, yaitu tentang "Cara Mendaftarkan Siswa Ke Dalam Kursus - Moodle 2.6" dan "Cara Membuat Group di Dalam Moodle 2.6".  Setelah sejumlah siswa didaftarkan untuk mengikuti kursus tertentu (misalnya kursus "KALKULUS").  Kemudian selanjutnya siswa tersebut dikelompokkan berdasarkan kelas/jurusan tertentu, maksudnya adalah siswa tersebut selanjutnya akan ditambahkan ke dalam group yang sudah dibuat sebelumnya. 

Langkah-Langkah

Log in ke dalam dashboard moodle sebagai Teacher atau Course creator.
Klik kursus yang tersedia (kursus yang siswanya sudah didaftarkan ke dalam kursus KALKULUS, kemudian siswanya akan dikelompokkan ke dalam kelas/group tertentu), misalnya pilih KALKULUS.

Pada bagian "Course administration", pilih "Users", kemudian klik "Groups".
Terdapat 3 group yang sudah dibuat sebelumnya (XI AP1, XI AP2, dan XI UPW).   Pilih group yang akan ditambahkan siswanya (misalnya pilih group XI AP2), kemudian klik tombol "Add/remove users" untuk menambahkan/menghapus siswa.
Pilih siswa yang akan ditambahkan ke dalam group XI AP2 dengan cara menyorotnya, kemudian klik tombol "Add" atau "Tambah" untuk menambahkan siswa yang disorot ke dalam group XI AP2.
Ulangi langkah tersebut sampai jumlah siswa dalam group tersebut terpenuhi, selanjutnya klik tombol "Back to groups" untuk menambahkan siswa ke dalam group yang lain.

Sekarang group XI AP2 sudah memiliki pengguna sebanyak 3 siswa. Ulangi langkah di atas untuk menambahkan siswa ke dalam group yang lain.

Related posts

0 comments:

About the Author

Nama lengkap saya adalah Heri Sudiana. Saya adalah seorang guru dan juga seorang blogger. Akhir-akhir ini penggunaan software yang mendukung proses pembelajaran sudah banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan. Moodle merupakan salah satu software (open-source) yang telah mulai diadopsi untuk digunakan di sekolah-sekolah pada khususnya. Melalui blog ini saya ingin mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang bagaimana cara mengelola moodle ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Copyright © 2013 irehsujana. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.